Umum

TKIT Almultazam menggunakan kurikulum terpadu yang bersumber pada program kegiatan belajar depdiknas dan depag serta kurikulum TKIT Almultazam dimana mengutamakan pembelajaran yang menyenangkan ( enjoyful learning ) serta mengembangkan delapan potensi anak (multiple Intellegence) yang berlandaskan Al – Qur’an.
Pengembangan Kurikulum
Kurikulum disusun dan di programkan sesuai target yang akan dicapai.
Kurikulum Diknas dan Depag
Kurikulum diknas dan depag disusun untuk mengembangkan potensi anak sesuai dengan usia pekembangannya. Perpaduan program kegiatan belajar Diknas dan depag.
Meliputi pengembangan kemampuan dasar anak.
kemampuan dasar ini merupakan pengembangan dari 5 Aspek yang terdiri.

1. Sosial, emosional dan kemandirian dengan tujuan:

  • Anak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya
  • Berlatih untuk mengendalikan emosi
  • Mau mengucap dan menjawab salam
  • Mau meminta maaf, meminta tolong dan berterima kasih
  • Dapat melatih dirinya sendiri dalam disiplin

2. Bahasa, yang bertujuan:

  • Melatih anak untuk dapat berkumunikasi dengan lingkungan sekitar dengan perkembangan anak atau tulisan sesuai dengan perkembangan anak.
  • Melatih kemampuan anak dalam menerima bahasa dengan melakukan 3 – 5 perintah
  • Melatih kemempuan anak menjawab pertanyaan.
  • Melatih kemampuan mendengar dan memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomunikasikan.
  • Melatih kemempuan berkomunikasi dengan baik dan lancar.
  • Memiliki perbendaharaan kata yang digunakan dalam komunikasi sehari – hari.
  • Memahami hubungan antara ucapan dengan tulisan

3. Kognitif. Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dalam kehidupan sehari – hari dan memahami konsep sederhana, Misalnya :

  • Anak dapat mengenal bentuk dan ukuran.
  • Anak dapat mengenal angka
  • Anak dapat mengenal konsep pemembahan dan pengurangan 1 – 10
  • Anak dapat mengenal konsep waktu sederhana.

4. Fisik motorik, bertujuan agar anak memiliki kemampuan melaukan kordinasi gerak, keterampilan serak dasar sederhana untuk meningkatkan kelenturan keseimbangan dan kelancaran serta meningkatkan kesehatan badan.

5. Seni, Agar anak mampu mengekpresikan diri, berimajinasi dan berekreasi dengan berbagai cara dan menggunakan media dan bahan alam yang ada disekitarnya menjadi suatu karya seni.

Keseluruhan kurikulum tersebut dilaksanakan menggunakan pendekatan tematik atau setiap kejadian sesuai dengan tema dan sub tema pada pada hari itu. Dari ke 5 bidang pengembangan diatas diharapkan tujuan serta target pendidikan yang diharapkan dapat mencapai tujuan serta target pendidikan yang ditetapkan.

Leave a Reply